Studi: Obat Mual Diklaim Bisa Bantu Atasi Sleep Apnea

Studi: Obat Mual Diklaim Bisa Bantu Atasi Sleep Apnea


Dronabinol, salah satu obat mual dan muntah, lazim digunakan pasien kanker untuk meredakan rasa mual saat menjalani kemoterapi. Sebuah penelitian terbaru menyebut dronabinol memiliki manfaat lain, yakni membantu mengatasi sleep apnea.

Profesor David Carley dari University of Illinois, Chicago, bersama dengan Profesor Phyllis Zee dari Northwestern University, melakukan penelitian untuk melihat manfaat dronabinol pada pasien sleep apnea. Ditemukan bahwa penggunaan dronabinol mampu meningkatkan kualitas tidur pada pasien sleep apnea.

Penelitian dilakukan dengan membagi pasien sleep apnea menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama menggunakan dronabinol dosis tinggi, kelompok kedua menggunakan dronabinol dosis rendah dan kelompok ketiga menggunakan placebo.

Hasil penelitian menyebut kelompok pertama yang menggunakan dronabinol dosis 10 miligram selama 6 pekan mengalami peningkatan kualitas tidur. Pasien mengaku jarang terbangun di malam hari, tidak merasa ngantuk dan kurang tidur saat beraktivitas dan mood yang lebih baik.

"Saat ini belum ada obat yang ditujukan khusus untuk mengobat sleep apnea. Padahal penelitian di sektor ini sangat penting karena 22 juta orang di AS merupakan pengidap sleep apnea," tutur Prof Carley, dikutip dari EurekAlert!

Belum diketahui dengan jelas apa yang menyebabkan dronabinol memiliki efek baik bagi pasien sleep apnea. Peneliti menduga hal ini disebabkan oleh efek dronabinol yang merelaksasi saluran napas dan pencernaan sehingga udara bisa keluar masuk ke paru-paru tanpa halangan.

Sleep apnea merupakan gangguan tidur berupa berhentinya napas secara mendadak saat tidur. Gejala sleep apnea di antaranya mendengkur, berhenti bernapas sesaat, sering terbangun di malam hari untuk buang air kecil, tersedak, dan tercekik waktu tidur.

Perangkat CPAP atau Continuous Positive Airway Pressure merupakan penanganan sleep apnea non-bedah pertama dan paling efektif untuk orang dewasa yang tersedia saat ini.

CPAP adalah alat untuk meniupkan oksigen ke dalam hidung saja atau ke dalam hidung dan mulut. Udara bertekanan positif ini akan mencegah tenggorokan menutup dan meredakan gejala-gejala yang muncul akibat sleep apnea.


Sumber : https://health.detik.com