Perawat Basah, Layanan ASI untuk Orang Kaya di China

Perawat Basah, Layanan ASI untuk Orang Kaya di China

Perusahaan penyedia pekerja rumah tangga, Xixinyu Household Service Company, sudah lama menyediakan layanan perawat basah (wet nurse) buat para orang kaya di China yang menginginkan air susu ibu (ASI).

Sekitar empat tahun lalu, terjadi sebuah fenomena yang berhasil memicu kemarahan pengguna media sosial di China. ASI yang semestinya hanya boleh dikonsumsi seorang anak sampai dia berumur dua tahun, malah diburu oleh orang-orang kaya di sana. Mereka rela menggelontorkan uang yang banyak asal mendapatkan pasokan ASI setiap harinya.

Kaum "jetset" di sana juga menjadikan ASI makanan super yang dibanderol dengan harga mahal. Situasi ini semakin menjadi-jadi setelah diketahui banyak orang berduit yang jatuh sakit akibat kebanyakan kerja. Kemudian, entah bagaimana awalnya, tidak sedikit dari mereka yang meyakini bahwa ASI dapat mengembalikan stamina mereka kembali karena air susu ibu memiliki kombinasi antibodi, enzim, asam, juga hormon.

Dari situ muncul ide menyediakan layanan perawat basah yang bertugas memberikan ASI kepada pelanggannya. Bisa langsung, bisa juga menggunakan botol susu bila merasa tak nyaman.
"Klien dewasa ini dapat memilih untuk minum ASI secara langsung dengan cara menyusui atau dapat meminumnya dari pompa payudara," kata Manajer Xixinyu Household Service Company, Lin Jun dikutip dari Bussines Insider pada Jumat (12/5/2017)

Tidak mudah untuk merasakan pelayanan dari perawat basah ini, mereka harus mengeluarkan kocek 10.000 sampai 20.000 Yuan (Rp19 sampai Rp38 juta) untuk satu kali pertemuan.
Menurut Lin, perawat basah jarang mengajukan keberatan selama harganya cocok dan tidak macam-macam.

Bisnisnya ini sempat menjadi pergunjingan lantaran memiliki sebuah usaha yang dirasa tidak masuk akal. Banyak orang yang menentang layanan perawat basah tapi Lin Yun mengatakan bahwa Xixinyu Household Service Company tidak pernah sekali pun melakukan promosi. Dengan kata lain, layanan ini hanya beredar di lingkungan orang-orang berduit yang informasinya mereka dapat dari mulut ke mulut.

Satu media di China bahkan pernah melakukan investigasi. Mencari tahu keuntungan yang didapat perusahaan ini setiap bulannya. Khususnya pada layanan perawat basah. Disebutkan bahwa semakin muda, sehat, dan menariknya perawat basah yang dipekerjakan, semakin besar pula gaji yang bakal mereka terima.

Sumber : http://health.liputan6.com