Jelang Lebaran, Waspadai Kesehatan Pangan

Jelang Lebaran, Waspadai Kesehatan Pangan

Meningkatnya volume produksi dan peredaran pangan di pasaran menjelang Hari Raya Idul  Fitri, Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Kesehatan mengeluarkan himbauan untuk mencegah beredarnya pangan yang tidak memenuhi persyaratan atau menimbulkan gangguan kesehatan masyarakat.
"Aktifitas seperti ini sudah menjadi tradisi setiap tahun, namun acapkali dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab untuk mengedarkan berbagai jenis makanan yang kurang terjamin kesehatannya demi kepentingan probadi yang sesaat,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo dr Kuswantoro MKes, Rabu (7/6).
Masyarakat lanjut Kuswantoro harus cermat dalam setiap kali membeli produk, terutama makanan dan minuman. Beberapa hal yang perlu dilakukan oleh masyarakat diantaranya mencermati kelengkapan label kemasan. "Kelengkapan itu meliputi izin edar MD/ML/P-IRT, nama produsen, alamat produsen, komposisi, berat bersih/netto dan tanggal kedaluwarsa,” jelasnya.
Masyarakat juga dihimbau agar mewaspadai kemungkinan beredarnya pangan kadaluwarsa yang dikemas dalam bentuk parcel Label. Lalu,  Juga menghindari pangan dengan kemasan yang rusak, sobek, penyok, mengembung, bocor, kaleng berkarat serta kerusakan lainnya.
Sumber : http://krjogja.com