Minggu, 28 Mei 2017

Wiranto: Saya Akan Habis-habisan Agar RUU Terorisme Disahkan

Wiranto: Saya Akan Habis-habisan Agar RUU Terorisme Disahkan


Panitia Kerja Dewan Perwakilan Rakyat tak kunjung menyelesaikan revisi Undang-undang nomor 15 tahun 2003 tentang Tindak Pidana Terorisme. Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan pekan depan akan sekuat tenaga meminta DPR segera menyesaikan revisi UU Terorisme. 

"Saya minggu ini, saya habis-habisan untuk meminta mereka (Panja DPR) menyelesaikan (RUU Terorisme)," kata Wiranto saat berbincang dengan detikcom, Minggu (28/5/2017). 

Dia mengaku sudah sejak dulu meminta kepada DPR untuk segera merampungkan revisi UU Terorisme. Kepada pimpinan dan anggota Panja Terorisme Wiranto pun sudah menjelaskan soal perlunya revisi UU Terorisme segera dirampungkan.

"Sejak dulu saya minta ini segera diselesaikan. Saya ketemu beberapa kali dengan Panja, di rumah dinas. Saya jelaskan ini lho masalahnya. Tapi sampai ke pembicaraan (di DPR) agak lamban," papar Wiranto. 

Menurut Wiranto, perang melawan terorisme saat ini suasananya sudah betul-betul berat. Kelompok teroris memiliki jaringan kuat dan begitu luas. Sementara aparat keamanan diminta menghadapi aksi teror dengan undang-undang yang sangat lemah. 

"Ini tidak bisa. Ibaratnya kita menghadapi mereka (kelompok teroris) dengan tangan diborgol. Tidak bisa, itukan tidak fair," kata dia. 

"Nggak mungkin lah terorisme dengan jaringan begitu luas, aparat keamanan disuruh menghadapi dengan UU yang lemah. Tidak bisa," tambah Wiranto. 

Saat ini, kata Wiranto, negara lain sudah memperkuat undang-undang tentang terorisme. Maka, ia juga meminta Indonesia harus memperkuat lewat undang-undang.

"Tatkala negara-negara lain sudah memperkuat undang-undangnya, kita juga harus memperkuat, tidak bisa kita kemudian dengan lemah menghadapi itu, makanya kemudian presiden juga sudah mendesak agar segera kita selesaikan undang-undang itu. Semoga undang-undang minggu depan sudah kita selesaikan dengan DPR," katanya. 

Sumber : https://news.detik.com

BACA JUGA :
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Wiranto: Saya Akan Habis-habisan Agar RUU Terorisme Disahkan