Kata Siapa Cinta Tak Bisa Dipaksakan? Penelitian Buktikan Sebaliknya

Kata Siapa Cinta Tak Bisa Dipaksakan? Penelitian Buktikan Sebaliknya

Seputarmantan.com - Setiap orang yang bijak dalam menyikapi asmara pasti akan menyertakan logika dalam setiap tindakan. Tetapi mungkin kita semua sepakat kalau pada akhirnya cinta adalah urusan hati, tak bisa dipaksa untuk datang dan pergi sesuka hati, tak bisa diperintah untuk memilih seseorang yang sesuai dengan akal sehat kita. Benarkah seperti itu?

Sebuah studi psikologi berjudul Regulation of Romantic Love Feelings: Preconceptions, Strategies, and Feasibility berpendapat bahwa setidaknya hati dapat dipengaruhi oleh pikiran. Tergantung pada apa yang sedang dipikirkan, setiap orang dapat meningkatkan kadar cinta mereka untuk seseorang atau justru menguranginya. Para peneliti menyebutnya 'regulasi cinta.'

Pada bagian pertama dari percobaan penelitian, para partisipan yang sedang berada dalam hubungan romantis diminta untuk mengisi kuesioner tentang apa yang mereka rasakan tentang hubungan yang sedang dijalani. Mereka diminta untuk menilai pernyataan seperti, "Cinta itu tak dapat dikendalikan," dan "Setiap orang bisa mengontrol seberapa terikatnya mereka dengan seseorang," menggunakan skala penilaian 1 sampai 9.

Data yang dikumpulkan dari kuesioner mengungkapkan bahwa sebagian besar peserta berpikir mereka bisa mengendalikan perasaan mereka lebih efektif ketika mereka merasa lebih dekat dengan pasangan secara emosional, bukannya sekadar tergila-gila. 

sumber : https://www.merdeka.com