Anies Baswedan Mengungkapan Bahwa Program Sungai Bersih Sejak Jaman Foke, Bukan Ahok

Bacagub DKI Jakarta, Anies Baswedan menjelaskan bahwa proyek pembersihan sungai-sungai yang ada di Jakarta merupakan program Fauzi Bowo (Foke).



Tetapi, proyek itu baru dapat dieksekusi di era pemerintahan Gubernur DKI Jakarta yang sekarang ini, Ahok.

“Proyek pembersihan dan pengerukan sungai dimulai sejak zaman Gubernur DKI Fauzi Bowo, diresmikan di zaman Gubernur DKI Joko Widodo, dan dilaksanakan dengan baik di zaman Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama, demikian juga diharapkan oleh pemimpin-pemimpin berikutnya,” terang Anies dikutip OkTerus.com.

Dana Pembersihan Sungai dari Pinjaman Bank Dunia
Adapun proyek pembersihan sungai yang ada di Jakarta itu direalisasikan lewat JEDI pada tahun 2008 silam dengan dana pinjaman dari Bank Dunia.

Tetapi, proyek itu tak dapat dilaksanakan karena terganjal 2 buah peraturan pemerintah soal pinjaman.

Proyek pembersihan sungai itu baru dapat dimulai pada bulan Maret 2012 usai pemerintah pusat mengeluarkan 2 buah Peraturan Pemerintah yang baru tentang pinjaman kepada Bank Dunia.

“Ground breaking proyek JEDI dimulai oleh Gubernur DKI Joko Widodo pada tahun 2013. Saat itu, Gubernur DKI Joko Widodo mengakui bahwa program JEDI yang ia resmikan adalah program lama yang sempat berputar-putar,” ujarnya.

Ahok sebagai Penerus Proyek
Proyek JEDI selanjutnya diteruskan oleh Ahok. Bahkan, pinjaman tersebut sempat ingin dibatalkan karena Ahok menganggap bahwa target yang ditawarkan oleh Bank Dunia masih terlalu lama.

Tetapi, usai dilakukan negosiasi ulang, Bank Dunia pun pada akhirnya menyatakan kalau target bisa disesuaikan kembali.

“Gubernur DKI Basuki Tjahja Purnama pun menerima dan melanjutkan proyek JEDI sampai saat ini,” terang Anies.

Anies menjelaskan kalau untuk pembangunan yang berkesinambungan antargubernur memang sangatlah penting untuk kesejahteraan rakyat Jakarta.

Setiap Gubernur, wajib melakukan perbaikan program-program dari pemimpin sebelumnya untuk bisa memperbaharui pendekatan yang perlu dilakukan.

Sumber : oketerus.com